Kapsul Waktu

Mengupas Issue Sosial di Sekitar Anda

Ganjil Genap di Jakarta dan Sekitarnya, Solusi atau Jalan Pintas?

Ganjil genap di Jakarta semakin meluas. Sebelumnya di jaman gubernur Ahok ganjil genap hanya terjadi di sepanjang jalan sudirman saja dan hanya diterapkan pagi hari dan sore hari saja. Penerapan ini sebagai pengganti dari 3 in 1 yang telah diterapkan bertahun-tahun.

Kemudian setelah berganti kepemimpinan, ganjil genap juga diterapkan di tol. Beberapa pintu tol di Tangerang, Cikampek, hingga Jagorawi terkena dampaknya. Meski awalnya menuai protes karena diberlakukan di tol, tetapi akhirnya orang-orang pun bisa menerima karena dampaknya cukup terlihat.

Setelah itu dengan alasan Asian Games, ganjil genap pun diperluas di jakarta dengan hampir mencakup seluruh jalan protokol di Jakarta. Ditambah lagi, waktunya yang dari pagi hingga malam pun semakin menuai protes. Apalagi bukannya mengurangi kemacetan justru membuat jalan semakin macet.

Ada beberapa hal yang membuat masyarakat protes dengan kebijakan ini:

Pertama, cakupannya yang terlalu luas

Kedua, waktunya yang terlalu lama, karena dari pagi hingga malam

Ketiga, pengendara mobil juga bayar pajak, tidak ada kompensasi dari pemerintah terkait kebijakan ini, sementara itu mobil milik pemerintah justru bebas melewati jalur ganjil genap, padahal seharusnya mereka memberi contoh

Keempat, ini dianggap solusi instan tanpa pikir panjang, seharusnya pemerintah memperbaiki sistem transportasi dan pelayanannya, maka otomatis masyarakat juga pasti memilih menggunakan transportasi umum

Nah, kalau menurut Anda sendiri gimana? Yuk tuliskan komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *