Kapsul Waktu

Mengupas Issue Sosial di Sekitar Anda

Politik dan Agama Sebaiknya Dipisah atau tidak?

Saat ini terjadi perubahan cara berpolitik dari sebelumnya politik uang, menjadi politisasi agama. Kalau sebelumnya banyak politikus menggunakan uang untuk mendapatkan suara, sekarang banyak politikus yang berusaha menguasai berbagai tempat ibadah dan mendekati para tokoh agama untuk mendapatkan suara dari para pengikut mereka yang besar, ditambah lagi dengan janji surga.

Sebagian orang beranggapan bahwa agama seharusnya dipisahkan dari politik, karena agama itu seharusnya netral. Ini cukup beralasan karena politik selama ini memang dianggap busuk. Meskipun akhir-akhir ini mulai bermunculan tokoh-tokoh politik yang berhasil mengubah paradigma tersebut, sebut saja Jokowi, Ahok, Ridwan Kamil, Risma, dan lainnya.

Jadi sesuatu yang suci dan baik seperti agama seharusnya dipisahkan dari politik yang busuk. Karena akan membuat agama menjadi alat politik demi mendapatkan kekuasaan.

Di sisi lain, ada sebagian yang menganggap bahwa politik tidak boleh dipisahkan dari agama. Karena politik harus sesuai dengan nilai agama. Ini juga cukup masuk akal. Karena agama mengajarkan kebaikan, maka seharusnya juga bisa menjadikan para elit politik menjadi pribadi yang baik sesuai nilai-nilai agama.

Kalau Anda sendiri lebih setuju yang mana? Yuk tuliskan pendapat Anda di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *